Manfaat & Dampak Penggunaan Sinar Inframerah


Sinar Inframerah merupakan salah satu penemuan yang paling banyak digunakan oleh manusia pada saat ini. Hampir setiap aspek menggunakan Inframerah karna fungsinya yang memang beragam.

Contoh sederhananya adalah penggunakan remote Tv. Remote menggunakan Sinar Inframerah untuk memberikan instruksi kepada TV. Hal ini terlihat pada ujung remote biasanya terdapat Lampu ketika menekan tombol apapun pada remote tersebut.

Pengertian Sinar Inframerah

Sinar Inframerah adalah radiasi elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang lebih panjang dari cahaya yang terlihat. Inframerah berasal dari bahasa latin yaitu Infra yang artinya bawah. Kata merah berasal dari warna cahaya yang terlihat oleh mata manusia.

Sinar Inframerah memilki rentang frekuensi antara 3×1011 Hertz sampai 4×1014 Hertz dengan panjang berkisar dari 8×10-7 meter hingga 10-3 meter.

Sinar Infamerah tidak dapat terlihat oleh mata manusia dan hanya bisa dirasakan hawa panasnya. Hal ini karna Inframerah hanya bisa dihasilkan oleh komponen yang menghasilkan panas.

Setiap benda menghasilkan radiasi inframerah tersendiri dengan berbagai macam tingkatan. Sumber dari radiasi sinar inframerah yang paling umum adalah Matahari dan Api karna memiliki tingkatan suhu yang tinggi.

Penemu Inframerah

Sinar Inframerah ditemukan oleh Sir William Herschell. Sir William Herschell adalah seorang ilmuwan astronomi yang berasal dari kerajaan inggris.

Inframerah ini ditemukan ketika Sir William Herschell mencoba untuk meneliti tingkatan panas sinar matahari. Kaca Prisma adalah alat yang Sir William Herschell gunakan untuk melihat perbedaan warna yang terdapat pada sinar matahari. Terdapat perbedaan warna yang setiap warna memiliki tingkatan suhu yang berbeda dan warna merah menjadi warna dengan suhu terpanas diantara lainnya.

Sifat Sinar Inframerah

Inframerah memiliki beberapa sifat atau karakteristik yang unik.

  1. Tidak dapat terlihat oleh mata manusia
  2. Tidak dapat menembus materi yang tidak tembus pandang
  3. Ditimbulkan oleh komponen yang menghasilkan panas. Namun panas ini tidak mempengaruhi udara disekitarnya.
  4. Panjang gelombang inframerah memiliki hubungan yang berlawanan atau berbanding terbalik dengan suhu. Ketika suhu mengalami kenaikan, maka panjang gelombang mengalami penurunan.

Jenis-Jenis Inframerah

  • Inframerah jarak dekat. Panjang gelombang 0.75 – 1.5 µm
  • Inframerah jarak menengah.Panjang gelombang 1.50 – 10 µm
  • Inframerah jarak jauh.Panjang gelombang 10 – 100 µm

Note : µm = Mikrometer

Manfaat Sinar Inframerah

Sinar inframerah adalah gelombang elektromagnetik yang dapat digunakan untuk berbagai hal. Banyak alat-alat atau gadget yang menjadikan infarmerah sebagai dasar dari teknologinya. Sinar Inframerah juga sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa manfaat inframerah

Bidang Kesehatan

  1. Mengaktifkan molekul air dalam tubuh. Inframerah memiliki getaran yang sama dengan molekul air. Ketika molekul tersebut pecah maka akan terbentuk molekul tunggal yang dapat meningkatkan cairan tubuh.
  2. Meningkatkan sirkulasi mikro. Bergetarnya molekul air akibat pengaruh inframerah menghasilkan panas sehingga menyebabkan pembuluh kapiler membesar, meningkatkan suhu kulit, memperbaiki sirkulasi darah dan mengurangi tekanan jantung.
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh. jika sirkulasi mikro dalam tubuh meningkat, racun dapat dibuang dari tubuh kita melalui metabolisme. Hal ini dapat mengurangi beban liver dan ginjal.
  4. Mengembangkan Ph dalam tubuh. inframerah dapat membersihkan darah, memperbaiki tekstur kulit dan mencegah reumatik karena asam urat yang tinggi.

Bidang Teknologi

  1. Face Recognation. Salah satu fitur handphone terkini yaitu membuka layar menggunakan pengenalan wajah. pengenalan wajah ini menggunakan sensor inframerah pada penerapannya.
  2. Remote. Remote adalah alat yang digunakan untuk memberikan instruksi pada perangkat yang dikontrol. Media transmisi yang digunakan adalah inframerah dan perangkat penerima terdapat sensor penerima inframerah.
  3. Nightscoop. Teknologi untuk dapat melihat dalam kegelapan juga menggunakaninframerah.
  4. Pengiriman Data. Banyak teknologi yang menggunakan inframerah sebagai standard atau media transmisi tanpa kabel.
  5. Kamera Inframerah. Kamera tipikal ini mampu menangkap gambar mahkluk atau benda yang memiliki radiasi inframerah berdasarkan warna.
  6. Thermogun. di musim wabah seperti ini tentu thermogun menjadi alat yang dijumpai hampir disetiap fasilitas kota. hal ini karna thermogun mampu mengukur suhu dengan cepat menggunakan teknologi inframerah

Bidang Industri

  1. Lampu Inframerah. Lampu Pijar memiliki panas yang jauh lebih besar dibanding lampu lainnya.
  2. Pemanas Inframerah. Inframerah biasanya dihasilkan sebagai besar radiasi inframerahnya, hal ini seperti pemanggang dan Lampu Pijar

Bahaya Sinar Inframerah

  1. Inframerah Sangat berbahaya bagi mata. Jangan sekali-kali mengarahkan inframerah kemata karna dapat merusak lensa dan kornea mata
  2. Sinar Inframerah yang berlebih dapat merusak kulit. Inframerah sama halnya dengan energi panas. Panas yang berlebih tentu akan merusak kulit.
  3. Terlibat dalam Global Warming. Radiasi Inframerah tidak dapat menembus atmosfer, hal ini disebabkan karna diserap oleh gas rumah kaca seperti karbon dioksida. Penyerapan radiasi ini membuat panas tidak lepas sehingga meningkatkan suhu disekitar



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url