Facebook Ganti Nama Menjadi Meta


Ditengah Isu yang menerpa Facebook belakangan ini, Mark Zuckerberg mengumumkan merubah nama Facebook Menjadi Meta. Pengumuman ini disampaikan secara langsung oleh Mark Pada Hari Kamis, 28 Oktober 2021  dimana ia mengatakan bahwa Fokus mereka kali ini adalah Metaverse. 

Perubahan Nama ini sendiri sama sekali tidak mempengaruhi konten dari Facebook. Perbedaanya terletak pada Facebook akan menjadi anak perusahaan seperti Instagram dan Whatsapp dan Meta akan menjadi induk dan fokus dari Mark untuk kedepannya.

Nama dan Konsep Baru

Kata "Meta" terinsipirasi dari bahasa Yunani yang artinya Melampaui. "Bagi saya, itu melambangkan bahwa selalu ada lebih banyak untuk dibangun," ujar Mark

Meta akan berfokus pada metaverse dan dengan konsepnya internet masa depan yang serba 3D. Ini merupakan evolusi dari media sosial dimana sebelumnya ketika posting foto dan komentar kita hanya melihat layar kali ini akan berevolusi dengan ketika melihat orang secara langsung secara virtual.

Tentu saja teknologi seperti ini sebenarnya membutuhkan peralatan tambahan seperti Kacamata Augmented Reality namun Mark percaya bahwa lambat laun evolusi akan dan pasti terjadi. 

"Ketika Anda bermain game dengan teman-teman Anda, Anda akan merasa seperti berada di sana bersama di dunia yang berbeda, tidak hanya di komputer Anda sendiri,” kata Zuckerberg.

“Dan ketika Anda sedang rapat di metaverse, Anda akan merasa seperti berada di ruangan bersama-sama melakukan kontak mata, memiliki rasa ruang yang sama, dan tidak hanya melihat kisi-kisi wajah di layar,” sambungnya.

Metaverse

Metaverse sendiri merupakan konsep dimana kedepannya kita akan mulai menggunakan teknologi 3D untuk setiap keadaan mulai dari berbelanja digital, Meeting Virtual, Bekerja di Kantor Virtual. 

Konsep Metaverse berawal dari sebuah Novel Fiksi Ilmiah Snow Crash tahun 1992 oleh Neal Stephenson yang intinya adalah  dunia digital akan dapat diakses secara virtual reality.

Teknologi memang akan selalu bergerak, karna pada dasarnya kita selalu menginginkan hal lebih dan praktis. Visi-visi seperti ini akan banyak berkembang dan lambat laun akan merubah sebuah era. Perubahan ini akan mengubah secara total pola kehidupan manusia kedepannya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url